Vincent Van Gogh

VincentVanGoghVincent Willem Van Gogh lahir di Groot Zundert,Brabant, Belanda pada tanggal 30 Maret 1853 dan meninggal di Auvers-sur-Oise, Prancis pada tanggal 29 Juli 1890. Vincent Willem Van Gogh a adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia.Van Gogh menghasilkan lebih dari 800 karya lukisan yang dibuat dalam waktu singkat selama 8 tahu, dan bila ditotal sekitar 2000 gambar dan lukisan yang dihasilkan dari tahun 1880-1890 Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa.

Pada masa mudanya Van Gogh bekerja pada sebuah perusahaan penjual karya seni, dan setelah beberapa waktu bekerja sebagai guru, ia melayani sebagai misionaris yang bekerja di wilayah pertambangan yang sangat miskin. Ia baru menjadi seniman pada tahun 1880. Mulanya karya-karyanya menggunakan warna-warna yang suram. Baru ketika di Paris ia berjumpa dengan impresionisme dan neo-impresionisme yang warna-warnanya yang lebih cerah dan gaya lukisannya dikembangkannya menjadi sebuah gaya yang unik dan mudah dikenali. Gaya lukisannya ini mencapai tingkat perkembangannya yang penuh ketika ia tinggal di Arles, Perancis.

Awalnya mengikuti tipikal pelukis di zamannya dengan gaya impresionisme. Namun ketidakpuasan terhadap pengekangan ekspresi seni oleh pakem impresionisme membuat ia beralih pada gaya ekspresionisme.

Vincent Van gogh didiagnosa menderita epilepsi yang cukup parah. Diagnosa ini dibuat oleh dua orang dokter berbeda yang merawatnya. Van Gogh juga pernah memotong telinganya sendiri.

Pada akhir hidupnya, ia merasa dirinya menjadi gila dan akhirnya menghabiskan sisa hidup di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence, Perancis. Di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole, dia tetap melukis.

1881- Tinggal dengan sepupunya Anton Mauve, seorang pemimpin Sekolah Den Haag, yang di bawah pengaruh dia menghasilkan studi pertamanya dalam minyak dan beberapa cat air.

1882- Van Gogh didukung oleh Theo kemudian diajari oleh Mauve, namun hubungan dengan Mauveitu  berakhir pahit. Bersama Clasina Maria Hoornik dengan kedua anaknya, Van Gogh mulai meningkatkan hasil karya lukisan minyaknya dan media bergerak dengan dia dan Vincent berubah semakin melukis dalam minyak.

1883- Dalam tekanan dari Theo, dia berpisah dengan Clasina dan pindah ke Drenthe,Timur laut dari Belanda, tetapi disana dia merasa terisolasi dan memutuskan untuk kembali ke keluarganya di Nuenen.

1884- membuat studio di ruangan rumah Schafrat dan melukis 6 panel dekorasi untuk Hermans seorang pandai emas  Eindhoven. Dia juga belajar menenun dan bertani, serta memberi pelajaran melukis. Tetangganya Margot Begemann jatuh cinta padanya, tetapi karena pertentangan kedua keluarga, Margot Begemann bunuh diri, dan meninggalkan guncangan yang hebat bagi Van Gogh

1885- Ayahnya Theodorus Van Gogh meninggal dunia

1886- Van Gogh mengunjungi Rijiksmuseum di Amsterdam dan terpesona dengan karya Rembrandt dan Hals, Dia memutuskan untuk belajar di Academie des Baux-Arts. Karena merasa bosan dengan pelatihan akademi, dia meninggalkan akademi dan bergabung dengan Theo di Paris.

1887- Beberapa hasil karyanya secara permanen di pamerkan oleh Pere Tanguy

1888-Van Gogh meninggalkan Paris untuk menemukan kumpulan seniman, dimana pemimpinya bernama Paul Gauguin. Dan menjadi rekan kerja yang baik dan saling mempengaruhi bersama dengan Paul Gauguin pada masa tersebut, tetapi akhirnya mereka berjalan masing-masing. Pada tanggal 23 Desember, Van Gogh menyerang Paul dengan pisau cukur terbuka di Place Victor Hugo. Namun ia berhenti dari tindakan, berlari pulang, dan memotong telinganya sendiri membasuh dengan kepalanya.
Gauguin pergi keesokan harinya dan Vincent dibawa ke rumah sakit di bawah perawatan Dr Rey. Dia diduga menderita gejala-gejala penyakit epilepsi  yang kedua saudara laki-lakinya maupun saudara perempuannya Theo dan Wilhelmina juga menderita penyakit yang sama.

1889- Pada tanggal 7 Januari, meskipun dalam keadaan sakit kepala dan insomnia, Van Gogh kembali ke studionya dibantu oleh tukang pos Joseph Roulin dan Pendeta Salles. Namun, serangan kedua terjadi pada bulan Februari dan sebuah petisi yang ditandatangani oleh beberapa tetangganya menuduhnya mengganggu kedamaian di daerah sekitar. kemudian Walikota memutuskan untuk membawa Van Gogh untuk dirawat di rumah sakit jiwa, secara paksa oleh polisi. Pada bulan April, ia meminta Theo untuk memindahkan dia ke rumah sakit jiwa di St.Rémy dijalankan oleh Dr Peyron.  Namun, setelah kunjungan ke Arles ia menderita serangan lanjutan yang berlangsung selama beberapa minggu, tetapi cukup sembuh untuk dapat diundang untuk berpartisipasi dalam pameran XX di Brussel.

1890-Vincent menerima sambutan yang hangat dari Albert Aurier dalam artikelnya Les Isolés dan ia menjual lukisan Vineyards Merah selama 400 franc. Dia memutuskan untuk meninggalkan selatan Perancis dan mengunjungi Dr Gachet di Auvers-sur-Oise. Di sini dia tinggal bersama keluarga Ravoux kafe di Place de la Mairie dan membuat beberapa penelitian tentang kebun Dr Gachet  dan menghasilkan karya lukisan  di Auvers Gereja. Namun, setelah serangan lebih lanjut dan penderitaan halusinasi tak tertahankan, ia mengambil revolver milik Ravoux dan menembak dirinya sendiri di dada. Dia bertahan satu malam, tapi keesokan harinya meninggal. Vincent dimakamkan di pemakaman di Auvers.

Categories: Biography | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: