PentiNgnya SaRapaN PagI biLa ingiN teTaP LaNgsing

breakfast

“Breakfast is the most important meal of the day”. Itu kata bijak yang sangat benar. Sejatinya, sarapan membantu mengendalikan masalah kenaikan berat badan dan kegemukan bagi setiap orang. Sejumlah studi menunjukkan, kebanyakan orang sukses mempertahankan berat badan hanya dengan membiasakan sarapan setiap harinya. Mudah dan sederhana, bukan?

Makanan yang anda pilih sebagai sarapan membuat perbedaan besar bagi kesehatan badan. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saat sarapan, misalnya, akan menurunkan risiko kanker. Setelah berpuasa sepanjang malam, sarapan akan membantu memulihkan energi yang hilang selama tidur. Jika anda memilih makanan yang menyehatkan, makanan yang lambat dibakar, seperti buah dan kacang-kacangan, anda akan dapat mengendalikan rasa lapar hingga jam makan siang datang. Dampak positif lainnya adalah anda juga dapat menghindari makan yang berlebihan saat jam makan siang berdentang.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang lebih suka mengabaikan sarapan, dan membayarnya sekaligus pas makan siang, biasanya malah tidak sehat. Kenapa? Perut kosong kadang ‘memaksa’ orang mengonsumsi makanan berkadar lemak dan berkalori tinggi.

Apalagi sih keuntungan sarapan? Menurut The American Institute for Cancer Research, membiasakan sarapan meningkatkan metabolisme, atau laju pembakaran kalori. Akibatnya, tubuh akan lebih berenergi dan mengendalikan berat badan dengan lebih gampang.

Perhatikan makanan yang anda makan saat sarapan, jangan asal kenyang lho. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi tidak disarankan. Kenapa? Tak lain makanan dan minuman mengandung kadar gula tinggi akan membuat energi melonjak sesaat kemudian anjlok ke level terendah. Akibatnya, anda cepat lapar dan haus lagi, meski sudah sarapan.

Jadi apa sarapan yang menyehatkan? Pilihlah serealia dengan kandungan gula rendah, buah segar atau kalengan (hindari jus bergula). Makanan yang tak umum untuk sarapan, seperti sop sayur-sayuran juga boleh. Mengkonsumsi makanan ini akan memberi energi lebih lama bagi tubuh anda. Jadi, pintar-pintar saja mengolah menu untuk sarapan. Pastikan, sarapan itu berefek baik bagi tubuh, bukan semata mengenyangkan saja.

waduh … harus sarapan pagi nie… biar lemak di perud menghilang dari peredaran wkwkwkwk

met mencoba ya…. jangan lupa sarapan pagi …. ^^

Sumber: Jawaban.com

Categories: Healthy Life | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: