Howard Hathaway Aiken

howard_aikenBiografi.

Howard Hathaway Aiken penemu komputer digital, lahir pada tanggal 8 Maret, 1900 di Hoboken, New Jersey. Namun demikian dia dibesarkan Indianapolis, Indiana dimana dia memasuki sekolah menengah umum di  Arsenal Technical High School. Setelah lulus dia melanjutkan pendidikannya di University of Wisconsin, dan menerima  gelar sarjana dalam electrical engineering. Selama perguruan Aiken untuk bekerja Madison Perusahaan Gas; setelah lulus dia diangkat menjadi kepala insinyur di sana.
Pada tahun 1935 Aiken memutuskan untuk kembali ke sekolah. Dan pada  tahun 1939 ia menerima Ph.D. dari Harvard University. Sementara ia bekerja pada doktor dalam fisika Aiken yang mulai berpikir tentang membangun sebuah mesin untuk membantu dengan perhitungan yang lebih membosankan. Aiken mulai berbicara tentang itu dan ide untuk melakukan penelitian ke dalam apa yang dapat dilakukan. Dengan beberapa bantuan dari rekan-rekannya di universitas, Aiken berhasil meyakinkan IBM untuk membiayai proyeknya.

Ide ini adalah untuk membangun sebuah mesin electromachanic yang dapat melakukan operasi matematika dengan cepat dan efisien dan memungkinkan seseorang untuk menghabiskan waktu lebih banyak berpikir daripada bekerja atas perhitungan membosankan. IBM adalah untuk membangun mesin dengan Aiken yang bertindak sebagai ketua tim konstruksi dan donasi itu ke Harvard dengan syarat bahwa IBM akan mendapatkan kredit untuk bangunan itu.

Membangun tim yang telah menggunakan mesin IBM komponen yang sudah pernah wujud.

Membutuhkan waktu tujuh tahun dan banyak uang untuk akhirnya mendapatkan mesin operasional. Penelitiannya sempat tertunda akibat dari intervensi dari Perang Dunia II. Secara resmi komputer hasil penemuannya yang disebut IBM Automatic Sequence Controlled Calculator tetapi sering disebut dengan Mark I. Setelah menyelesaikan Mark I, Aiken pergi untuk memproduksi lebih tiga komputer, dua di antaranya adalah listrik daripada Elektromekanik.
Aiken pensiun dari mengajar di Harvard pada tahun 1961 dan dipindahkan ke Ft. Lauderdale, Florida. Dia meninggal 14 Maret 1973 di St Louis, Missouri.

Categories: Biography | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: