tiPs melukis dengan acrylic

609599-3-blue-living-room-flower-original-acrylic-paintingBlue Living Room Flower- by.Lily Pang
(redbubble.com/people/lilypang/art)

q  masih pemula dalam melukis berbahan dasar acrylic, tapi q mau sharing beberapa tips sederhana, yang mungkin berguna untuk kalian ^^… cat acrylic sendiri sering digunakan sebagai alternatif cat dalam melukis…acrylic sendiri adalah sejenis cat untuk melukis dengan ciri khas cepat sekali kering, dan varian warna yang tidak sebanyak warna cat air maupun cat minyak yang bisa mencapai 24 warna.

beberapa tips sederhana untuk melukis acrylic

>> gunakan cat acrylic sedikit demi sedikit, jadi ketika menempatkan cat ke pallete jangan terlalu banyak, karena cat ini cepat mengering dan kalau terlalu banyak di tempatkan di pallete, lukisan belum jadi tapi cat nya sudah kering semua..  jadi lebih baik gunakan  cat  sedikit demi sedikit ^^

>> jika ingin melukis dengan layer agak tebal maka cat acrylic lebih baik diaplikasikan langsung dari tubenya tanpa dicampur air, atau jika ingin mencampurnya dengan air lebih baik gunakan sedikit air saja….

>> berbeda dengan cat air, cara membersihkan kuas yang menggunakan cat acrylic sedikit lebih sulit , karena jika dengan cat air kuas dapat dengan mudah dibersihkan dengan air, namun kalau menggunakan cat acrylic harus menbersihkannya dengan bantuan air dan lap kering dan harus dilakukan segera setelah selesai melukis… karena jika menunggu berhari” maka cat acrylic tersebut akan cenderung menempel kuat pada kuas, dan akan sulit untuk dibersihkan.

>> karena cat acrylic cepat mengering jadi ketika mengemix atau mencampur warna harus dilakukan dengan cepat…. kelebihan cat acrylic sendiri adalah dapat digunakan di berbagai media lukis dengan mudah, baik kertas, kanvas, keramik, dsb ^^

>> cat acrylic juga sangat baik untuk memberi efek timbul atau relief pada lukisan, caranya adalah melukis lapisan dasar  dan berulang setelah kering tambahkan lapisan  berikutnya diatas warna yang telah kering sebelumnya.

>> warna yang dihasilkan oleh cat acrylic cenderung lebih tajam, dan untuk membuat warna agar tampak lebih soft atau lembut tambahkan air dan campurkan dengan  cat warna putih.

segitu dulu tips sederhananya.. semoga berguna &  selamat mencoba ^^

About these ads
Categories: Art | Tags: | 25 Comments

Post navigation

25 thoughts on “tiPs melukis dengan acrylic

  1. denni

    mantap oiii….wa memang mo belajar lukis canvas pake acrylic… oh ya kalo lukis canvas bagusnya pake cat apa yah? maklum, wa memang tidak penah belajar secara formal utk lukis melukis…tkss yoo

    • wahh selamat melukis ya den..
      menggunakan acryric juga sama menyenangkannya seperti dengan menggunakan cat minyak….
      canvas.. cocok untuk cat acrylic dan cat minyak… ^^

  2. denni

    untuk pertama-tama apakah kita bole buat sketsa dengan pensil di canvas sebelum melukis dgn cat? terus wa agak bingung untuk pencahayaan, utk lukisan abstrak apakah ada pencahayaan juga ? dan apakah ada kode2 etik dalam melukis? makasih ya soo…

    • melukis itu bebas untuk berekspresii… jadi apa yang kamu rasain apa yang kamu pengen tuangkan ke dalam lukisan, itulah lukisan kamu … jd gak perlu kode etik segala hehe…
      kalo kamu bingung caranya, seacrh di youtube aja search by ” panting lesson ” disitu byk teknik melukis yang kamu bisa download… ^^
      semoga membantu

  3. Tips yang bagus, berguna sekali buat saya. Salam Kenal…Trim’s

  4. Amel

    Wow, makasih banget ya tipsnya. Saya emang pengen belajar ngelukis pake cat acrylic… :)

  5. maria

    lepas lukis guna acrylic.lepas tu kena pakai varnis utk kilatkan ke?
    jika guna,varnis yg macam mana?

    terima kasih

  6. mery gao

    hmm….kalau acrylic boleh di campur air ga?

  7. noa

    hai, salam kenal :)

    aku mau ngelukis di mug atau di gelas gitu, tp aku gak tau harus pake cat apa. kemaren ke gramedia cuman ada cat akrilik (krn cat air dan cat minyak pasti gak bisa)

    kira2 bisa gak ya cat akrilik dipake untuk ngecat gelas (porselen). aku gak nemu cat porselen di gramed soalnya >.<

    thanks a lot yaaa…

    • hmm klo aclyric kayana kalau di gelas kurang bagus noa… krn saya sudah coba hasilnya warnanya suram dan ga cerah gitu
      pake cat Opaque Coates (untuk pemula)atau cat transparant Vetro (untuk tingkat yang sudah mahir) krn vetro harganya lebih mahal :P… aja itu khusus buat gelas tp rada susah nyarinya coba cari di tempat yang jual alat” lukis klo gramed aku lom nanya ada atau ga nya… tp aclyric kayaya ga cocok untuk media lukis gelas..
      thanks ^^

      • noa

        opaque coates ya? kemaren sempet liat di gramed tp gak beli krn harganya mahal yg 1 set (emang sih isinya banyak) tp gara2 emang baru mau ngelukis lagi ngambil akrilik aja yg lebih murah (krn emang lebih kecil). hehehe.

        btw thanks ya buat jawabannya, baru bisa mampir ke sini lagi nih. heheheh

  8. manto

    thank’s tipsnya. salam kenal…q mau coba pake acrylic, selama ini q nglukis pake cat air dan cat minyak. oya… q selama ini kesulitan nyari kanvas dengan berbagai ukuran yang saya mau, kanvas yang saya dapet ditoko buku hanya ukuran tertentu saja, apa kamu tahu tempat pnjual kanvas di daerah cikarang atau bekasi soalnya saya tinggal didaerah cikarng, terus kamu tahu ga yang didaerah jakarta? terima kasih

    • Kiki

      buat sendiri aja gan kanvasnya…..
      ngelukis itu bukan banyak belajar, tp banyak pengalaman….
      yg paling penting keberanian mencoba sesuatu yg baru yg ada di otak, daripada tanya sana-sini yg hasilnya belum tentu sesuai yg kita inginkan…..

  9. vlind

    ngelukis pake cat acrilic di sepatu gimana ya biar gag luntur kalo d cuci ?

  10. keren, alatnya kek apa y..

  11. Idun

    Tip sangat berguna terima kasih sekali.

  12. Cleva

    Hola Amigos :)
    Mau tanya nih.. Kalo pake acrilic kan ada berbagai macam teknik. Kalo teknik gradasi gimana yaa caranya? Aku ada tugas dari guru lukisku, aku males tanya sama dia. Tenkyu…. :D

  13. nando

    kalo untuk mengecat busa hati (spons buat sandal) pake acrylic bisa atau tidak? harus dilapisi atau tidak, soalnya spons banyak pori2nya…

  14. Yansen

    hallo…mau tanya ni,,kalo melukis di tembok cat apa yang paling cocok Cat air atau minyak dan atau Acrilic, dan kuas yang seperti apa?

  15. josef

    Kl mau melukis dg media gelas,, pakai acrilyc aja ,atau ada campuran nya,,
    Thx

  16. aisyah purnama s

    bisa buat baju gak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 596 other followers

%d bloggers like this: