CompLete Walkthrough Final Fantasy XII part 1

FF-XII1

Kisah dalam Final Fantasy XII diawali ketika kerajaan Archadia menyerang hampir semua kerajaan lain di dunia Ivalice. Dalmasca merupakan salah satu negara terakhir yang belum berada di bawah kendali Archadia, sampai akhirnya ibukota Rabanastre mulai diserang. Seorang remaja bernama Vaan kehilangan keluarganya dalam konflik yang terjadi di ibukota tersebut. Bersama dengan sahabat lamanya, Penelo, Vaan akhirnya terlibat dalam rangkaian pertempuran yang menentukan masa depan Dalmasca dan Ivalice.

Panduan berikut ini akan membantu Anda menjelajahi dunia Ivalice, bertemu kawan-kawan baru dan menghadapi berbagai rintangan yang menghadang. kami sertakan juga panduan mendapatkan seluruh Esper dan menyelesaikan Mob Hunt yang ada dalam permainan.

2. Walkthrough
- Nalbina Fortress
- Royal City of Rabanastre [I]
- Dalmasca Estersand
- Royal City of Rabanastre [II]
- Giza Plains
- Garamsythe Waterway [I]
- Rabanastre Royal Palace
- Garamsythe Waterway [II]
- Nalbina Dungeons
- Barheim Passage
- Royal City of Rabanastre [III]
- Skycity of Bhujerba
- Dreadnought Leviathan
- Bhujerba, Dalmasca Westersand
- Ogir-Yensa Sandsea
- Nam-Yensa Sandsea
- Tomb of Raithwall
- Jahara, Land of the Garif
- Golmore Jungle, Eruyt Village
- Ozmone Plain
- Henne Mines
- Golmore Jungle
- Paramina Rift
- Mt. Bur-Omisace [I]
- Stillshrine of Miriam
- Mt. Bur-Omisace [II]
- Mosphoran Highwaste
- Salikawood
- Phon Coast-Hunter Camp
- Tchita Uplands
- Sochen Cave Palace
- Old Archades
- Imperial City of Archades
- Draklor Laboratory
- Port at Balfonheim [I]
- Feywood
- Ancient City of Giruvegan
- Port at Balfonheim [II]
- Ridorana Cataract
- Pharos at Ridorana
- Port at Balfonheim [III]
- Sky Fortress Bahamut

Nalbina Fortress
Anda akan bermain sebagai Reks, bicaralah dengan Basch untuk mengetahui cara pengontrolan game ini. Pergilah berbicara dengan tentara Dalmasca yang berada di dekatmu. Buka pintu besi yang berada di dekat Basch dan Anda akan dihadang oleh Imperial Swordsman, lawanlah dia dengan dibantu oleh anggota party yang lain setelah itu akan ada scene dan Anda akan berhadapan dengan Air Cutter Remora, cukup gunakan Thunder untuk melawannya, jika kehabisan MP, gunakan saja serangan biasa. Setelah itu, Anda masih akan berhadapan dengan beberapa Imperial Swordsman lagi yang bermunculan, lawanlah mereka jika mau, tetapi jika Anda tidak mau melawan mereka, gunakan tombol R2 untuk melarikan diri.

Masuki ruangan selanjutnya dan lihat event yang terjadi, hadapi musuh yang muncul lalu pergilah ke arah Utara dan lihat event berikutnya. Ambil potion yang berada dalam ruangan yang berada di sebelah kanan, kemudian teruskan perjalananmu ke Utara dan ambil potion yang berada di ruangan ini kemudian naiki tangga. Setelah menemukan Save Crystal, save-lah permainanmu jika mau, lalu naiki tangga sebanyak dua kali dan Reks akan berhadapan dengan tiga Imperial Swordsman tanpa bantuan teman-temannya. Naiki tangga hingga Anda menemukan sebuah gerbang yang besar, masuklah, jalan menuju Barat hingga Anda menemukan sebuah gerbang dan Anda akan melihat sebuah scene lagi.

Royal City of Rabanastre
Sekarang Anda akan bermain sebagai Vaan dan berhadapan dengan tiga Dire Rats. Setelah itu akan ada sebuah scene, pergilah ke Selatan dan temui Migelo. Kalau Anda mau, berbicaralah dengan semua orang yang berada dalam kota ini. Setelah urusanmu di kota ini selesai, pergilah ke arah Timur Laut dan masuklah ke Sand Sea Restaurant, Anda akan bertemu dengan Tomaj dan mendapatkan penjelasan mengenai Mob Hunt, setelah itu Anda akan mendapatkan Clan Primer di dalam Party Menu-mu. Baca Bulletin Board dan bicaralah lagi dengan Tomaj untuk mengaktifkan Mob Hunt pertamamu, “Rogue Tomato”. Mulai sekarang, Anda akan dapat menjalankan Mob Hunt dengan cara memeriksa setiap Bulletin Board yang berada di restaurant yang Anda temui.

Keluar dari restoran dan pergilah ke bagian Utara dari kota, berjalanlah di sisi Barat dari area Utara kota dan Anda akan bertemu dengan dua Bangaa yang berjaga-jaga di depan pintu, bicaralah dengan salah satu Bangaa tersebut dan ia akan membukakan pintu menuju Clan HQ untukmu. Pergilah ke lantai atas dan bicara dengan Montblanc untuk menjadi anggota Centurio Clan.
Dengan menjadi anggota Clan Centurio, otomatis Anda akan dapat menjalani Mob Hunt yang diberikan oleh Montblanc, berbelanja di Muthru Bazaar dan mendapatkan reward setiap kali berhasil mengalahkan “boss” atau “esper”. Barang-barang yang dijual di Muthru Bazaar akan berubah sesuai dengan ranking yang telah Anda peroleh.

Keluar dari Clan HQ dan pergilah ke Muthru Bazaar yang berada di sebelah Barat Rabanastre, penuhi seluruh kebutuhanmu di sini. Setelah selesai berbelanja, pergilah ke Southren Plaza atau area tengah Rabanastre dan bicaralah dengan Bangaa yang sedang berbicara dengan Imperial Soldier.

Setelah itu, pergilah ke gerbang yang berada di Timur, Anda akan mendapatkan sebuah scene lagi dan tiga Imperial Soldier yang berada di sana akan membukakan gerbang untukmu. Masuk dan bicaralah dengan Hapless Merchant yang sedang berjualan, save permainan dan pergilah ke arah Timur.

Dalmasca Estersand
Anda bisa menaikkan level di sini sekaligus mengumpulkan barang dan uang. Di Utara ada tempat untuk beristirahat, tetapi Anda harus mengeluarkan uang sebesar 100 Gil. Musuh yang harus Anda cari adalah Rogue Tomato yang berada di bagian tengah gurun. Ketika sedang melawannya, berhati-hatilah dan berusahalah agar tidak terkena serangannya. Rogue Tomato ini akan melarikan diri ke bawah pada saat HP-nya tinggal setengah, kejar dan kalahkan Rogue Tomato ini untuk mendapatkan Galbana Lilies.

Royal City of Rabanastre
Bicaralah dengan Kytes yang berada di dekat gerbang dan Anda akan mendapatkan sebuah scene yang sangat panjang. Setelah itu, pergilah ke Lowtown, yang berada di Selatan Rabanastre, gunakan Telepo Moogle jika Anda merasa perlu. Ambillah semua barang yang dapat Anda peroleh di South Sprawl ini, lalu masuklah ke rumah Dalan yang berada di area Barat Daya Lowtown untuk mendapatkan sebuah event, keluar dan pergilah ke Utara. Di ruangan ini periksalah pintu yang berada di dekat toko, pergilah ke Utara. Temui Tomaj dan Anda akan mendapatkan hadiah. Mulai sekarang, Anda akan dapat mengambil Mob Hunt – Mob Hunt yang lainnya. Sekarang, pergilah menuju Giza Plains yang berada di ujung Selatan Rabanastre.

Giza Plains
Pergilah ke daerah Selatan dari Giza Plains yang merupakan area perkemahan (Nomad Village), bicaralah dengan Masyua, kemudian bicara dengan Camina. Save permainanmu. Sekarang, pergilah menuju area yang berada di Selatan, lalu ke Barat, seberangi jembatan, lanjutkan ke Selatan lalu menuju ke sisi Barat Daya. Kalau bertemu dengan Were Wolves, jangan dilawan, karena Anda belum cukup kuat untuk melawannya. Bicaralah dengan Jinn yang berada di area Selatan. Buka Map dan Anda akan melihat empat tanda X yang merupakan empat lokasi yang harus Anda tuju untuk membuat Sun Stone. Setelah berhasil mendapatkan Sun Stone, bicaralah kembali dengan Jinn, kembali ke perkemahan, bicaralah dengan Masyua untuk mendapatkan beberapa hadiah. Pergilah ke Rabanastre.

Garamsythe Waterway
Kembalilah ke rumah Dalan, Penelo akan meninggalkanmu. Bicaralah dengan Dalan untuk mendapatkan Crescent Stone. Pergilah ke Storehouse yang berada di Utara untuk bertemu dengan Kytes.. Masuklah ke dalam pintu sebelah kiri yang berada di dalam Storehouse, save permainan dan jelajahilah saluran air ini sampai Anda menemukan tangga, pilih pilihan pertama sebanyak dua kali untuk keluar. Setelah Anda berhasil mencapai Rabanastre Palace akan muncul sebuah scene.

Rabanastre Royal Palace
Save permainanmu, periksa Urn berwarna hijau untuk mendapatkan Map, masuk ke pintu dan pergilah ke ruangan sebelah kanan atas dan dekati penjaga yang berada di dekat tangga. Bicaralah dengan Bangaa yang berada di dekatmu lalu tekan kotak untuk memanggil penjaga, pada saat penjaga datang, segeralah menghindar dan naiki tangga.

Di ruangan berikutnya, gunakan strategi yang hampir sama, pancing penjaga untuk meninggalkan tempatnya hingga Anda dapat menuju ke ruangan tengah yang di lantainya terdapat gambar singa. Setelah itu, Anda harus memancing beberapa penjaga lagi hingga bisa menuju ke dinding yang mengeluarkan cahaya hijau di sebelah kiri, periksa dinding tersebut, masuki ruangan, jalan terus hingga Anda menemukan Periksa switch, aktifkan switch tersebut lalu masuki ruangan untuk mengambil Goddess Magicksite. Lanjutkan perjalananmu ke atas.

Garamsythe Waterway
Save permainanmu, turuni tangga. Periksa Fallen Soldier yang berada di dekatmu lalu masuk ke ruangan berikutnya. Ambil Map, teruskan perjalananmu ke kiri hingga memasuki ruangan berikutnya. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di ruangan Selatan di mana terdapat Save Crystal.

Turuni tangga, hadapi lima Imperial Soldier. Bicaralah dengan Amalia/Ashe dan ia akan bergabung denganmu, tetapi Anda tidak akan dapat mengontrolnya. Pergilah ke ruangan berikutnya, lalu masuklah ke dalam ruangan yang luas di mana Anda akan berhadapan dengan empat Flan yang berwarna kuning dan lemah terhadap serangan berelemen api.

Lanjutkan perjalananmu hingga menemukan Save Crystal, save permainanmu, masuki gerbang dan Anda akan berhadapan dengan Firemane, gunakan Blizzard untuk mengalahkannya.

Nalbina Dungeons
Harap diingat bahwa saat ini Anda tidak memiliki Equipment dan Item. Jelajahi Dungeon ini, ambil semua barang yang dapat Anda temukan. Save permainanmu di Save Crystal yang berada di Utara, pergilah ke ruangan selanjutnya dan Anda akan berhadapan dengan Daguiza, Garrido dan Guich. Jangan khawatir, Anda tidak akan berhadapan dengan mereka sendirian.

Setelah scene, ambil kembali Equipment dan Item-mu di ruangan yang berada di sebelah kanan. Save permainanmu dan mulailah menjelajahi Nalbina Dungeon ini. Pergilah ke arah Barat Laut lalu masuki pintu yang dilewati oleh Judge. Setelah event yang lumayan panjang, Basch akan bergabung sebagai karakter tamu.

Barheim Passage
Pergilah ke bawah, periksa switch dan save permainanmu. Turuni tangga dan bicaralah dengan Bangaa yang sedang berjualan, kembalilah ke switch yang berada di atas tadi lalu gunakan Tube Fuse tersebut. Sekarang periksa switch yang berada di dekat Bangaa untuk membuka pagar besi. Masuk ke ruangan berikutnya, lawan semua Battery Mimic yang Anda temui sepanjang perjalanan.

Lanjutkan perjalananmu ke ruangan Selatan, hati-hati dengan kotak harta yang berada di sini karena beberapa dari kotak harta tersebut sebenarnya adalah Mimic. Lanjutkan perjalananmu ke arah Timur Laut, save permainanmu dan setelah scene, Anda akan melawan Mimic Queen dan empat Tiny Battery, hati-hati dengan serangan Thunder Burst-nya karena selain dapat menyerang seluruh anggota party-mu, juga dapat menimbulkan efek poison.

Royal City of Rabanastre
Setelah mengalahkan Mimic Queen, Anda akan muncul di Dalmasca Eastersand. Jelajahilah tempat ini jika Anda mau, setelah selesai, pergilah ke Rabanastre. Temui Kytes yang berada dalam toko milik Migelo yang berada di area Timur Rabanastre. Pergilah menemui dalan di rumahnya untuk mendapatkan Sword Of The Order. Kemudian, bicaralah dengan Balzac yang berada di ruangan Utara. Setelah Basch bergabung denganmu, pergilah ke Sand Sea Restaurant, masuk, naiki tangga dan Balthier serta Fran akan bergabung denganmu.

Sebelum Anda pergi ke Aerodrome, keluarlah dari Rabanastre melalui gerbang Timur. Pergilah menuju Small Camp yang berada di Utara, hati-hati dengan Wild Saurian, ada baiknya Anda menghindarinya. Bicaralah dengan Dantro, buka Map, pergilah ke South bank Village yang berada di area Utara.

Bicaralah dengan istri Dantro yang berada di daerah tengah dari Southbank Village untuk mendapatkan A Bundle of Needles. Bicara lagi dengannya dan ia akan memintamu untuk membawakan Sem Clam Shell. Periksa pantai yang berada di atas Southbank Village dan Anda akan melihat sesuatu berkilau di laut, ambil Sem Clam Shell tersebut dan bicaralah lagi dengan wanita itu yang kali ini akan memintamu membawakan Nebralim.

Bicaralah dengan Dantro lalu periksa guci yang berada di samping Chocobo. Bicara lagi dengan istri Dantro dan kali ini ia akan memintamu membawakan Vale Blossom Dew yang baru akan Anda temui setelah Anda mencapai bagian lebih lanjut dari permainan ini. Setelah itu, pergilah ke Aerodrome yang berada di bagian Barat Rabanastre. Bicaralah dengan Balthier maka Anda akan pergi ke Bhujerba dengan menggunakan Strahl.

Skycity of Bhujerba
Lamont / Larsa akan bergabung denganmu sebagai karakter tamu. Sebagian besar jalan yang berada di Bhujerba ditutup oleh penjaga, sehingga Anda tidak akan bisa lewat, tetapi Anda tetap dapat pergi ke Lhusu Mines melalui jalan yang berada di Tenggara lalu menuju ke arah Timur Laut. Setelah scene selesai masuklah ke Lhusu Mines, pergilah ke Barat lalu terus saja ke Utara sampai Anda bertemu dengan Ba’Gamnan, Bwaji, Gijuk dan Rinok. Kalau Anda merasa mampu Anda dapat melawan mereka atau mencoba melarikan diri jika tidak merasa mampu.

Jika Anda mau melawan, fokuskan seranganmu pada Ba’Gamnan. Jika tidak, teruslah melarikan diri dari kejaran mereka hingga Anda mencapai tujuanmu yang bertanda X di dalam Map. Jika Anda berhasil, maka Anda akan melihat sebuah scene. Setelah scene selesai, berjalanlah ke atas dan Anda akan mendapatkan sebuah event. Sekarang, dengan menekan kotak, Anda akan dapat menaikkan Testify, naikkan Testify-mu hingga 100%, tetapi, jangan sekali-sekali menekan kotak di depan penjaga. Kalau Anda mau, Anda bisa berjalan-jalan sebentar untuk mendapatkan beberapa barang atau Gil.

Kalau Anda mau mencoba berjalan-jalan dengan pesawat, gunakan leisure trip dari Rabanastre menuju ke Nalbina Fortrees. Pada saat menggunakan pesawat cobalah mengunjungi Sky Cabin dan dekati Cabin Steward yang sedang bercakap-cakap dengan seorang lelaki. Dekati mereka untuk mengetahui isi pembicaraannya dan lelaki itu akan memintamu untuk pergi ke enam tempat dan mencari enam saudara perempuan yang akan dinikahinya. Anda akan mendapatkan Ann’s Letter.

Gunakan airship dan pergilah berkeliling dengan tujuan seperti ini: Rabanastre ke Archades, Archades ke Balfonheim, Balfonheim ke Nalbina Fortrees, Nalbina Fortrees ke Archades, Balfonheim ke Bhujerba dan Nalbina Fortrees ke Balfonheim. Temukan mereka dan perlihatkan Ann’s Letter kepada mereka.. Kalau Anda berhasil menyelesaikan Quest ini, maka Anda akan mendapatkan Accesory. Pergilah ke Bhujerba dengan menggunakan pesawat dan bicara lagi dengan Cabin Steward.

Selagi sempat, cobalah untuk mendapatkan beberapa barang dan sedikit Gil. Pergilah ke gerbang Selatan Rabanastre dan tunggu lima menit sebelum Anda memasuki Giza Plains hingga musimnya berganti menjadi musim kemarau. Jika gagal, ulangi lagi hingga Anda mendapatkan musim kemarau.

Bicara dengan Nanau untuk mengambil hadiah yang Anda peroleh seteleh berhasil mengalahkan Mob Hunt Gil Snapper (kalau Anda menjalankan Mob Hunt tersebut). Berikan Frog Ring pada Elder Brunoa. Berikan Errmonea Leaf pada Lesina lalu bicaralah dengan Masyua untuk memperoleh Shadow Stone. Anda dapat mengubahnya menjadi Sun Stone dan bicara lagi dengan Masyua untuk memperoleh hadiah, Anda dapat mengulang hal tersebut beberapa kali tetapi hadiah yang diberikan oleh Masyua akan berubah-ubah.

Jika semua urusanmu telah selesai, kembalilah ke Bhujerba dan naikkan Testify-mu hingga 100%. Setelah Testify-mu mencapai 100%, Anda akan “diundang” ke tempat Marquise Ondore. Pergilah ke tempat yang bertanda X di Map-mu untuk bertemu dengan Marquise Ondore.

Dreadnought Leviathan
Setelah scene, Vossler akan bergabung sebagai karakter tamu. Masuk melalui West Gate dan bergeraklah maka Vossler akan memberikan penjelasan mengenai laser. Jelajahilah tempat ini sambil jalan-jalan yang tertutup oleh laser. Di ruangan yang terletak di Selatan, akan ada dua jalur yaitu jalur Selatan dan Timur. Ambil jalan yang Timur lalu lanjutkan ke Utara untuk mengaktifkan Bulkhead Release. Masuki Sub Control Room yang terdekat lalu aktifkan Bulkhead Release lain yang berada di situ. Di sini Anda akan menemukan jalan menuju ke ruangan tengah.

Lalui jalan itu untuk berhadapan dengan dua Judge, tiga Imperial Swordsman dan Imperial Mage, fokuskan seranganmu pada kedua Judge tersebut. Setelah mengalahkan mereka, Anda akan mendapatkan kunci yang dapat digunakan untuk melewati pintu. Di C-201 Anda akan menemukan Map dan Save Crystal. Di C-202, Anda akan bertemu dengan Ashe. Di C-203, Anda akan menemukan Item Shop. Sedangkan C-204 merupakan ruangan kosong.

Keluar lalu masuki pintu kaca. Kembalilah ke Barat melalui jalur Selatan, tiba-tiba tanda bahaya akan berbunyi dan Anda akan berhadapan dengan banyak sekali musuh, lebih baik tidak usah berusaha untuk melawan mereka dan segera melarikan diri. Kalau Anda mengaktifkan System Control Key yang berada di ruangan tengah (lihat tanda di Map) maka Anda akan memiliki waktu 60 detik untuk mencapai tujuanmu sebelum diserang oleh banyak musuh lagi. Vossler dan Larsa akan meninggalkanmu sementara Penelo akan bergabung denganmu, saatnya untuk bertarung menghadapi Judge Ghis dan tiga Imperial Swordsman, hati-hati dan segera mundur jika Judge Ghis hendak menggunakan Aero.

Bhujerba, Dalmasca Westersand
Bicaralah dengan Marquise Ondore. Setelah scene yang lumayan panjang, Anda akan berada di Dalmasca Westersand. Anda bisa langsung menuju ke arah Barat untuk ke Ogir Yensa.

Sekarang pergilah menuju Ogir Yensa. Jika Anda berjalan dari Rabanastre dan tidak menggunakan Telepo Crystal, hati-hati jika Anda bertemu dengan Gnome Entiti yang biasanya muncul setelah terjadi Sandstorm, lebih baik Anda menghindarinya dan jangan mencoba untuk melawannya.

Ogir-Yensa Sandsea
Teruslah berjalan hingga Anda bertemu dengan Vossler. Vossler akan bergabung denganmu sebagai karakter tamu. Lanjutkan perjalananmu. Masuk ke bangunan yang berada di sebelah Barat untuk mengambil Map yang berada di dalam Urn yang berwarna hijau. Pergilah ke arah Barat menuju Nam Yensa Sandsea. Ketika Anda melihat jalan bercabang tiga, ambil jalur yang di tengah.

Nam-Yensa Sandsea
Save permainanmu, bicara dengan Moogle yang berada di area ini dan lanjutkan perjalananmu menuju area berikutnya. Teruskan perjalananmu hingga Anda melihat beberapa Urutan Yensa yang sedang mengeroyok Urutan Eater. Hati-hatilah ketika berhadapan dengan Urutan Eater, karena pada saat HP-nya kritis ia akan mengeluarkan serangan yang dapat menimbulkan damage yang cukup besar, selain itu ia juga dapat menyembuhkan diri. Setelah berhasil mengalahkan Urutan Eater, bicaralah lagi dengan Moogle tersebut lalu kembalilah ke Ogir Yensa Sandsea. Naik ke atas bangunan dan Anda akan melihat Moogle tersebut sedang bertemu dengan Urutan Yensa. Turun dan segeralah mengejar mereka ke Nam Yensa Sandsea dan Anda akan melihat sebuah scene. Bicara dengan Moogle, periksa bunga yang ada di dekatnya dan Anda akan mendapatkan Eksar Berries. Lanjutkan perjalananmu ke ruangan area berikutnya. Ambillah jalur sebelah Barat dan untuk melanjutkan cerita, Anda bisa langsung masuk ke jalan yang berada di Barat.

Tomb of Raithwall
Save permainanmu, lanjutkan perjalanan dan Anda akan berhadapan dengan Garuda. Gunakan saja Ekser Berries, maka Anda secara otomatis sudah hampir memenangkan pertarungan karena Ekser Berries membuat serangan Garuda menjadi lemah. Setelah mengalahkan Garuda, save permainanmu, gunakan Ancient Device dan Anda akan berhadapan dengan Demon Wall. Musuh ini terlalu kuat, jadi cepatlah masuki pintu yang lain untuk berhadapan dengan Demon Wall yang lain. Kali ini Anda dapat melawannya, tetapi Anda harus berhasil mengalahkannya sebelum ia tiba di pintu.

Setelah berhasil mengalahkan Demon Wall kedua, kembalilah ke Save Crystal dan save permainmu lalu masuk kembali ke tempat Anda bertemu dengan Demon Wall pertama, kali ini Anda akan dapat mengalahkannya. Periksa benda berkilauan setelah Anda berhasil mengalahkannya, save permainanmu dan gunakan tangga yang baru terbentuk, Anda akan menemukan pedang Evil Slayer di pertemuan kedua anak tangga tersebut, kalau Anda tidak menemukannya, coba untuk me-reload game-mu dan masuk kembali.

Kembali ke tempatmu mengalahkan Demon Wall kedua lalu lanjutkan perjalananmu. Turun dan ambil Map. Ambil jalan sebelah kanan hingga tiba di ruangan Utara. Periksa Northfall Pedestal yang berada di tengah ruangan untuk menggerakkan platform. Gunakan Ancient Device lalu pergilah ke ruangan Selatan.

Hindari musuh yang berada di sini lalu periksa Southfall Pedestal untuk menggerakkan platform. Jalan rahasia akan terbuka. Ikuti jalan, masuk pintu lalu turuni tangga dan Anda akan berhadapan dengan Belias.. Kalahkan dia dengan menggunakan magicks berelemen Water atau gunakan serangan Mist. Setelah mengalahkan Belias, masuki ruangan berikut untuk mendapatkan Dawn Shard.

Gunakan Ancient Device hingga mencapai Telepo Crystal lalu save permainanmu. Turuni tangga untuk keluar dari tempat ini dan setelah scene yang panjang Anda akan berada di dalam Light Cruiser Class Airship Shiva dan harus melawan Captain Azelas beserta tiga Imperial Swordsman. Kalahkan mereka. Saksikan scene.

Jahara, Land of the Garif
Selagi di Rabanastre, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, pergilah ke gerbang Barat Rabanastre dan bicara dengan Rimzat, lalu pergilah ke Southren Plaza. Bicaralah dengan Cotze yang sedang berada di pinggiran air mancur lalu pergilah ke ruangan Utara Lowtown untuk menemui Northon yang berada di sekitar Storehouse, dekat Milha. Pergilah menuju Dalmasca Wetersand.

Pergilah menuju area Tenggara dengan melewati area Selatan, periksa dua Dynast Cactoid yang berada di sana salah satunya terdapat Wind Globe. Bicara lagi dengan Rimzat dan Anda akan mendapatkan Wind Vane.

Setelah itu, dari Rabanastre pergilah ke Giza Plains, keluarlah dari sisi Timur Giza Plains menuju Nalbina Fortress. Temui Imperial Soldier yang berada di kiri untuk melihat event. Sewa Chocobo. Pergilah menuju Southbank Village, tempat Anda bertemu dengan istri Dantro. Bicara dengan Tchigri untuk event kemudian pergilah ke North Bank dengan menggunakan perahu.

Bicaralah dengan Ruksel, setelah itu, kembalilah ke Southbank Village dan bicara dengan istri Dantro, periksa bunga yang berada di belakang tenda istri Dantro. Anda akan diikuti oleh Flowering Cactoid, pergilah ke North Bank dan dekati Cactoid untuk melihat event.

Pergilah ke Broken Sands Oil, periksalah bunga berwarna merah muda yang terdapat di pinggir tebing di tengah area tersebut. Bicara dengan istri Dantro dan Anda akan mendapatkankan hadiah. Keluar dari Southbank Village dan kembalilah untuk bicara lagi dengannya. Periksa belakang rumah istri Dantro, bicaralah dengan orang yang berada di situ untuk mendapatkan Barheim Key. Sekarang Anda dapat melewati gerbang Barheim Passage yang berada di dekat Southbank Village untuk mendapatkan esper Zalera.

Kembalilah ke Rabanastre dengan menggunakan Telepo Crystal dan Anda akan tiba di gerbang Selatan, bicara dengan Wandering Viera. Bicara lagi dengan Viera yang kali ini berada di Gambit Shop. Pergilah ke Sand Sea Restaurant dan Anda akan menemukan Viera di lantai dua. Setelah itu, bicaralah dengan Hume yang berada di depan fountain yang berada di Southern Plaza, pilih pilihan pertama.

Kembali bicara dengan Viera yang masih berada di Sand Sea Restaurant. Susul Viera ke Southren Plaza, bicara dengan Viera atau Hume dan Anda akan memperoleh hadiah.

Setelah urusanmu selesai, lanjutkan perjalananmu menuju Jahara dengan melewati Ozmone Plain. Setibanya di Jahara, bicaralah dengan salah satu Garif Soldier dan Anda akan menyaksikan sebuah event. Bicara dengan Chief dan lanjutkan perjalananmu menuju ke bagian Barat tempat ini.

Berjalanlah menuju ke arah dua Garif Soldier dan pilih pilihan pertama untuk dapat menemui Elder. Setelah menyaksikan scene maka Larsa akan bergabung denganmu sebagai karakter tamu. Sekarang, Anda bisa langsung pergi menuju Golmore Jungle melewati Ozmone Plain, pergilah ke area Timur Laut, setelah scene, save permainanmu dan masuki Golmore Jungle.

Golmore Jungle, Eruyt Village
Teruskan perjalananmu hingga mencapai area ujung Timur Golmore Jungle. Setelah menemukan lambang yang berwarna biru Anda akan melihat sebuah scene. Masuki jalan yang telah dibuka oleh Fran tersebut dan Anda akan tiba di Eruyt Village. Jelajahi desa ini, di ujung desa Anda akan mendapatkan sebuah scene dan bertemu dengan Jote. Setelah melihat beberapa event, pergilah ke Ozmone Plains.

Ozmone Plain
Berikan Potion pada Imperial Soldier yang berada di dekat Save Crystal. Anda akan mendapatkan Chocobo jika berbicara lagi dengannya. Pergilah menuju Wind Waving Plains yang berada di Barat. Di arah Selatan Anda akan menemukan jalur yang dapat dilalui hanya jika Anda mengendarai Chocobo. Lanjutkan perjalananmu hingga tiba di Henne Mines, setelah scene, masuki Henne Mines ini.

Henne Mines
Di Henne Mines. Anda hanya dapat membuka pintu untuk melanjutkan perjalanan dengan cara mengaktifkan switch (switch dapat diaktifkan berkali-kali). Lanjutkan perjalananmu dan Anda akan menemukan switch, aktifkan switch tersebut. Jalan terus hingga bertemu dengan switch lain.

Kalau Anda mengaktifkannya maka Anda akan membuka ruangan di mana di dalamnya terdapat Map, tetapi dalam ruangan tersebut berkeliaran banyak sekali kelelawar yang menyebalkan. Lanjutkan perjalananmu menuju ke arah Timur dari pertambangan ini melalui jalur Barat. Hindari dua ekor Dinosaurus hingga tiba di ruangan Timur Laut, lanjutkan ke Selatan, aktifkan switch, hindari Flan yang berjatuhan dan segera masuk ke dalam pintu yang terbuka.

Hindari dua Dinosaurus lagi, lanjutkan perjalanan dan kali ini Anda dapat memasuki pintu sebelah Utara yang tadi tertutup. Anda akan bertemu dengan Mjrn. Save permainanmu, masuki ruangan selanjutnya dan hadapi Tiamat. Setelah berhasil mengalahkannya, Anda dan Mjrn secara otomatis akan kembali ke Eruyt Village. Save permainanmu. Lanjutkan perjalananmu menuju ke Golmore Jungle.

About these ads
Categories: Games | Tags: , | 89 Comments

Post navigation

89 thoughts on “CompLete Walkthrough Final Fantasy XII part 1

  1. terimakasih ya buat infonya, kalau cheat kodenya ada ga…

  2. ditunggu cheat codenya ya ..
    nanti saya post segera ^^
    tq buat commentnya rai

  3. beny

    cc mau nanya ni? cara cepet dapat uang gmn ?
    aq mau beli equip yang kuat2 supaya isa lwt ozmone plain ke jahara the land of garif !
    kasih tau ya cc thnks !!! ^_^

    aq tunggu cc balas ya TQ

  4. beny

    cc aq mau nanya juga ! kok carachter bathier aq kena monster silence kok ng isa ilang ya padahal aq da kasih echoherb dan juga skill ( esuna dan silencer ) ng ialng2 nie sampai sekarang ! np ya isa dikasih tau solusi ya ng buat ilangi ya ?

  5. wildan

    level gw 99 semua

  6. beny

    cc tolongin aq donk!!!!
    Cara lawan esper exodus ni? susah amat lawan ya apalagi kena serangan apa itu lupa yang kayak cahaya gitu kena langsung 4k langsung KO semua charater aq nie cc
    tolong bantuin donk pake susunan gambit yang gimn?

    • exodus emang susah dilawan ben… tapi kalo bisa menang lumayan item yang didapet… kaya libra gem ….
      caranya kamu gunain magick dispel atau equip character party sama opal ring… kamu coba pakai casting shell untuk setiap member aja dan jadikan leader party jadi umpan untuk melindungi sisa party yang ada…… karena kan biasaya leader party punya HP yang lebih bagus dari party lainnya….
      setelah itu usahakan fokus dengan serangan fisik ke si exodus dan gunakan expose untuk mengurangi sistem pertahanan boss sehingga kamu bisa serang dengan kekuatan bulan ( wkwkwk ) kidding XD… maksudna kekuatan penuh….
      nah ketika si exodus menciptakan benteng gt yang memberikan dia imunitas alias kekebalan tubuh, kalau uda gitu, kamu harus gunain dispel dan bombard atau bombard dengan magick darka pastikan kalau reflect di dispel
      moga membantu….

  7. hengki

    cccccccccccccccc
    aq mau nanya dmn tempat yang bisa beli protecga,shellga,hastega,dan green magic semua yg kita miliki semuanya -ga semua !! cc tau ng beli dmn soalnya aq da periksa semua kota dari rabanstre sampai yg terakhir archades juga ng jual kok di license board ada ya barang ya ng ada aneh !!! @@ tolong jawab ya ^_^

    • cara beli hastega dan kawan” kamu bisa beli pas kamu ngelawan cid untuk kedua kalinya di Pharos nah sehabis itu hastega baru bisa dibeli.. tapi baru tersedia ketika kamu udah pengen final battle … emang belum ada dimana” karena kamu mungkin perjalannya masi jauh ke final battle…sebelum final battle kamu akan ditawarin beli hastega ^^,

      Renew ada di Dalmasca Westersand
      Hastega ada di South Bank Village di the Dalmasca Eastersand
      atau kamu bisa membunuh monster yang mendrop hastega seperti mimeo-barheim passage/pharos di ridorana 1st accent, dragon lich – pharos at ridorana 2nd accent, baknami-salikawood/necrohol of nabudis, pylraster- Pharos First Ascent….

      moga membantu ya^^

  8. hengki

    cc aq mau nanya lagi lupa !!! cara lawan the undying gmn ya !!1 darahnya ng terhingga kayaknya soalnya wa da bunuh dia da lama sekari !! akhirnya potion dan MP wa abis mati da GameOver da cc tau ng darahnya brp truz taktik ya gmn !!1

    • maav lama balesnya sori” baru buka blog lagi ni ki ^^
      cara ngalahin undying tuh kamu harus perhatiin aksi dari si Bozz undying
      jika dia mengcast Piercing Firaga kamu harus mengequip seperti Rubber suit dan jenenisnya atau Flame Shield , dan tugas party yang lain menyerang sambil perhatiin HP kamu jangan sampai keasikan nyeran HPnya drop semua.

      dan yang penting kalau dia mengcast magic barrier yang membuat kamu gag bisa menggunakan magic secara optimal kamu serang dia dengan senjata andalan dan sebaliknya ketika dia mengcast force barrier yang mengakibatkan serangan kamu jadi payah maka inilah saatnya menggunakan magic…
      dan ketika dia menggunakan perfect defence yang kamu harus lakukan adalah dengaan mengheal terus HP kamu makanya persediaan item penambah HP harus banyak ^^…. atau bisa gunakan haste atau protect.. lama kelamaan pelindungnya alias perfect barriernya akan drop dan saatnya kamu melakukan serangan hehe…
      segitu dulu ya semoga membantu …

  9. hengki

    ccc mau nanya nie lokasi necropolis of nabudis dimn ya!!!
    trz area tersembuyi lainya !! tolong di kasih tau ya mau cari summon smeua ya ni soalnya banyak summon yang terdapat di lokasi tersembunyian !!! jadi harus cari sendri !!! tolong kasih tau ya cc !! tolong cept di balas ya !! TQ

    • wah q cuman tau tempat necropolis yang merupakan salah satu kota dari Kingdom of Nabradia.. klo gag salah dungeon ya….
      di land ivalice kalo gag salah di sebelah barat Salika Forest ^^

  10. henky

    cc mau nanya nie!! di FF XII NI ada jual perisai tertentu ng yg immune semua jenis elemen(api,air,listrik,sama tanah) soalnya ntar aq mau pake pas lawan udying ya biar ng kena piecing ya (fire,water sama thunder)kalau ada tolong kasih tau tempat dimn beli ya !!!

  11. km thu gak crny ke southbank village????? aku muter2 gak ketemu e….thx

  12. irfan

    cc,
    cara mendapatkan summons gimana ya?

  13. Ivan

    mw nnya nh!!!gm yah cranya nemuin kunci wt msuk necrol of nabudis????and dmn tempt esper chaos????klo tw lez yah.mkch

  14. yogapratama

    g mna crnya lawan doctor cid?party gw attaknya60 semua susah lawan doktor cid tolong bantuannya ya

  15. Auron

    Cheat Codenya Yang ARMAX Donk…!! thanks before…

  16. cc…
    gmn yah cara lengkapin dawn shard,
    kn gue dah di sthillshrine of miriam tp g bisa nekan panel…
    tulisannya enchange… malah keluar zombie T_T
    bantu pliz…. ^^

    • galih

      woy aya….
      caranya lho musti equip “down shard”,tapi nanti MP’a bkal nol. sbentar selagi lu mencet tombolnya..
      nanti pasti portal di belakang patung besar pasti aktiff…
      try..

  17. galih

    hey irfan…
    cara summon ya?????
    pertama pencet segitiga trus pilih “License” pasti ada monster yg pengen di summon…
    coba oceh…

  18. riki

    kk maw tanya di silite of mariam gimana ya? gw gag taw caranya? kok zombie nya muncul trus2san!

  19. cc gimana sih cara dapetin kunci barhiem passage gw muter2 18 kali di dalmalaska enter sand kgk ketemu2 z.z.z.z.z mohon bantuana

  20. owh silite kalo gk salah ada barang yg perlu lo pakek di inven lo kalo dah [barang na dpt dari misi] ko penjet ke bukak deh pintu kanan kiri

  21. galih lo tau gk gimana cara dapetin kunci barhiem passage

  22. pliz cc gw perlu bgt

  23. randala dio anugrah

    ad yg tau gimana cara menuju gruvegan neh

  24. randala dio anugrah

    ad yg tau jg gk mebuka gerbang meuju gruvegan

    THx

  25. pakek esper belias sumon aj trus deketin ama gerbang na

  26. randala

    seeep

    THX Info nya

  27. randala

    Oh iya neh ad gk ya MOVIE…???

  28. akbar

    g mna cara dapetin wymhero blade???? :’(

  29. wymhero blade appan gk pernah deger

  30. JULI

    baguss
    tp udah the END,,,!!!!

  31. randala

    aaa
    lawan Boz terakhir gk ad darahnya
    Aneh2

  32. timpok aja raja terakhir nh
    kita sibegin rame2

  33. randala

    neh MAX lvl brp seh?

  34. 99 om rata

  35. randala

    neh dropan dari monster2 nya beguna gak all??

    kalu beguna gimana cara gunaiin ya?

  36. y gk lah kalo dropan dari mob hunt mungkin aj

  37. YOGA

    quest pedang yang di miriam tuh gmna ya??
    kok zombie keluar trus ??maaf lagi awal maen ni..

  38. YOGA

    bantu ya…cz butuh ni??

  39. yovan

    oi….dptin barheim passage key gmna?? susah amad nyarinya T_t

  40. Aku udah sampai di old archades
    Tp pengen balik lg ke dalmasca buat dapetin esper zalera
    Gimana caranya biar ke northen village?
    Bntuin aku donk

  41. abdhi

    aku udah dapetin tiga belas espers dan dpetin equepment legenda sperti tournesol,sagitarius ,excalibur,ultima blade dan wyrmhero blade klo armor uda semua ama shield sperti zodiac eskutseneon dan ensaguined shield udah lawan yiazmat hanya 5 jam tapi dengan 10 megaelixir

    vaan lvl87
    ashelvl67
    basch99
    franlvl99
    balthierlvl99
    penelolvl91

    • sota

      abdhi…..gmn sich cra nya dptin snjata2 lgndaris truz di mn lwn yiazmat???

  42. zane

    kok aku magicnya isinya tekhnik aja.Q dah ngatur gambitnya.tp tetep ja.tolong kasih tau gimana nyusun gambit.please di bles y

  43. vincentzo

    cc jalan ke garuda lwt mana??

  44. vincentzo

    esper zarela dpt dr mana sih??bingung…

  45. gampang dapetin zalera mah tinggial dapetin kuncinya nya aja ,cc tolong kasih tahu map the great crystal di giruvean trus kasih tahu ultima berada dan juga item item lainnya

  46. tedi

    bro…. senjata yang bagus buat si vann apa sih,,, trus ada senjata yang legendaris gak?

  47. purna

    koq beda ya, pas waktu di henee mines gua lawan BOSS wyvern supaya dpt tear apa gitu?
    monsternya juga parah2 di henee mines …

  48. aska

    mnta bntn..kalo cra ktmpt henes mines yg hrz pke chocobo gmn?trz dmna mjrn ?thank..

  49. adhi

    mbakkk alias cc…. izin minta.. hoohhohoho… thx^^

  50. adhi

    cc mw nanya!! cc dlo ngelawan Tiamat rata2 lvl brp? koq aq ngelawannya susah setengah mati yah… apa gara2 msh lvl 20?? terus mw nanya sesuatu lg,, kn tmn ku man FFXII.. koq lvl 20 HP nya udah 1600.. pny ku koq msh 800… gmn caranya cc ?? itu aja thx^^

  51. fany

    gmn caranya ke hennemines susah bgt tu jlan dicari…… sklian tlong ea ksih tw dnk cheat nya

  52. ekoherwantoro

    gmn caranya dapatkan dobel darah …….skian tolong dibales

  53. azka

    mnta bntuany..kalo cara dptin snjta lgndaris gmn?kaya dptn sgtrius..exclbur..tlng dunk..dble drah?gtw unk..he..tu yg mw k hene mines tu pke cocobo dr jhara dh gt cri jalan yg ada rumput ato semaksemak..lwatin pk cocobo..kalo gpk gkn bsa lewat..

    • ahrez

      kk harus sudah dapatkan hunters monograph,sudah kalahkan 8 esper,sudah rank high guardian,sudah beli thiefs cuffs,sudah mengalahkan ixtab,marilith,deathscythe,sudah mengalahkan Rare Monster Thalassinon,Canopic Jar:

      * Gil Snapper (Rank III)
      * Orthros (Rank V)
      * Trickster (Rank V)

      barang2 yg diperlukan * Gemsteel x3
      * Empyreal Soul x3
      * Serpentarius x3

      Barang-barang di atas twidak bisa di temukan (di drop oleh monster) di MANAPUN. Kamu harus menjual beberapa barang agar barang” di atas bisa muncul di bazaar.

      Untungnya, kita bisa mendapat 1 Empyreal Soul dan 1 Gemsteel dari Montblanc. 1 Empyreal Soul dari mencapai rank High Guardian, dan 1 Gemsteel dari mengalahkan 8 Esper.

      Kamu juga bisa mendapatkan 1 Serpentarius dari dia (Montblanc) tapi kamu harus mengalahkan 13 Esper terlebih dahulu, dan itu adalah pekerjaan yang berat, jadi kita tinggalkan saja itu dulu. Lagi pula, maukah kamu untuk berkeliling untuk mengalahkan semua Esper sambil menggenggam sebuah senjata yang hebat di tangan kalian?

      Selanjutnya, di bawah ini adalah barang” yang di butuhkan supaya Gemsteel, Empyreal Soul, dan Serpentarius muncul di bazaar:

      1. GEMSTEEL:

      Nama barang di bazaar: Matchless Metal (29,997 gil)

      Barang yang dibutuhkan: Scarletite x1, Damascus Steel x2, Hell – Gate’s Flame x2

      [Scarletite] :

      1. Steal dari rare monster Aspidochelon (Trophy Monster, Cerobi Steppe, Feddik River: 40% kemungkinan muncul)
      2. Drop (Hunter’s Monograph, 6%) atau Poach (5%) Emeralditan (Nabreus Deadlands)
      3. Steal dari Pandaemonium (a. Boss – Pharos First Ascent, b. sambil menjalankan hunt Shadowseer [rank VI])
      4. Sesudah Quest mancing ( -_- )

      [Damascus Steel] :

      1. Steal dari rare game Bluesang (Trophy Monster, Cerobi Steppe, Crossfield: 40% kemungkinan muncul)
      2. Steal dari rare game Anchag (Paramina Rift, Karydine Glacier: bunuh semua monster yang ada di sini, keluar lalu masuk lagi)
      3. Drop (Knight’s Monograph, 6%) atau Poach (5%) Bune (Pharos – Second Ascent)

      [Hell Gate's Flame]

      1. Drop (Hunter’s Monograph, 5%) Cerberus (The Feywood, Walk of Stolen Truths)
      2. Poach (5%) Cerberus
      3. Steal dari Enkidu 2nd encounter (Gilgamesh – Rank VII mark “The Ancient Man of Mystery”)
      4. Poach (5%) rare game Wary Wolf (Mosphoran Highwaste, Summit Path: 7% kemungkinan muncul)

      2. EMPYREAL SOUL

      Nama barang di bazaar: Jewel of Creation (29,997 gil)

      Barang yang dibutuhkan: Soul Powder x1, Wargod’s Band x2, High Arcana x1

      [Soul Powder]

      1. Steal dari rare game Vorres (Trophy monster, Necrohol of Nabudis, Hall of Ivory Covenant: tarik Dark Element (20% kemungkinan muncul) dan biarkan dia mengejar kalian ke utara dari setengah bagian dari area ini)
      2. Drop (Warmage’s Monograph, 10%) atau Steal dari Etem (Henne Mines, Special Charter Shaft – kamu harus mengalahkan 10 Esper dan mark Mindflayer [rank IV] untuk mengakses area ini)

      [Wargod's Band]

      1. Steal dari rare game Victanir (Trophy monster, Nam-Yensa Sandsea, Yellow Sands: 40% kemungkinan muncul)
      2. Drop (Hunter’s Monograph, 5%) dari Leynir (Nabreus Deadlands, Lifeless Strand)
      3. Poach (5%) Leynir

      [High Arcana] :

      Nama barang di bazaar: Life Crystal (9,999 gil)

      Barang yang di butuhkan: Arcana x10, Feystone x1, Soul of Thamasa x1

      Kamu telah mendapatkan Soul of Thamasa dari Deathscythe hunt. Jadi sekarang kamu membutuhkan sebuah Feystone dan 10 Arcana. Kamu sudah mendapatkan beberapa Arcana dari Montblanc, tapi jika kurang, jangan khawatir, karena kita sudah punya Canopic Jar selama ini kamu seharusnya sudah punya lebih dari cukup sekarang.

      Untuk mendapatkan Feystone, kamu cukup untuk meng-steal satu dari Elemental atau Entite apa saja. Segeralah cari dan steal.

      Ok, jual semua barang tadi dan kamu akan mendapat sebuah High Arcana.

      Jika kamu membutuhkan High Arcana lagi, kamu juga harus mendapat Soul of Thamasa juga. Barang yang satu ini cukup langka, jadi perhatikan baik”.

      [Soul of Thamasa] :

      1. Steal dari rare game Ishteen (Trophy monster, Barheim Passage, East-West Bypass/The Zeviah Span: Pertama 2% kemungkinan muncul, bertambah 2% setiap 10 detik.)
      2. Drop (Warmage’s Monograph, 6%) dari Oversoul (Necrohol of Nabudis: muncul setelah kamu membunuh beberapa monster tertentu, muncul maximum 6 kali)

      Seperti yang saya jelaskan, kedua monster di atas sangat langka. Baik, semoga beruntung.

      3. SERPENTARIUS

      Nama barang di bazaar: Jewel of The Serpent

      Barang yang dibutuhkan: Snake Skin x4, Serpent Eye x2, High Arcana x1

      [Snake Skin] :

      1. Drop (sangat sering) atau Steal dari Wildsnake (Giza Plains [Dry], Toam Hills)
      2. Drop (sangat sering) rare game Grey Moulter (Mosphoran Highwaste, Empyrean Way: masuk ke map itu saat menit di gameplay clock antara 10 dan 20)
      3. Drop (sangat sering) rare game Midgardsormr (Golmore Jungle, Paths of Chained Light: 20% kemungkinan muncul)

      [Serpent Eye] :

      1. Drop (Hunter’s Monograph, 8%) Basilisk (The Feywood, semua area di selatan dari Save Crystal)
      2. Poach (5%) Basilisk
      3. Poach (5%) Grey Moulter

      [High Arcana] :

      Lihat di petunjuk sebelumnya.

      Baik, itu semua adalah barang yang diperlukan. Selanjutnya..

      ———————————————————————————————–

      Ok, ini adalah checklist nya:

      * 2x Scarletite
      * 4x Damascus Steel
      * 4x Hell Gate’s Flame
      * 2x Soul Powder (1 kalau kamu sudah menjual yang dari Ixtab hunt)
      * 4x Wargod’s Band
      * 3x / 4x High Arcana (atau 2 atau 1 tergantung apa yang sudah kamu lakukan)
      * 12x Snake Skin
      * 6x Serpent Eye (5 kalau kamu sudah menjual yang dari Marilith Hunt)
      * 1x Empyreal Soul
      * 1x Gemsteel

      Pertama, silahkan kalian jual Empyreal Soul dan Gemsteel nya. Setelah itu, kita akan menjual barang” yang dibutuhkan untuk membuat Gemsteel, karena dia tidak membutuhkan High Arcana. Jadi, kalian harus menjual 1 Scarletite, 2 Damascus Steel dan 2 Hell Gate’s Flame untuk membukanya, lalu kalian harus membeli nya terlebih dahulu sebelum kalian menjual sisanya dan membukanya lagi. Ini karena kita tidak bisa membuat 2 barang bazaar yang sama sekaligus. Jadi juallah sisanya, dan belilah lagi.

      Sekarang, jika kamu sudah punya 3 High Arcana (atau 4) di inventory kalian, dan belum menjualnya sama sekali, lalu jualah sekarang, bersama 4x Snake Skin, 2x Serpent Eye (atau 1 jika sudah menjual yang dari Marilith hunt), 1x Soul Powder (atau tidak sama sekali jika kalian sudah menjual yang dari Ixtab hunt), dan 2x Wargod’s Band.

      Masuk ke bazaar dan kalian seharusnya melihat Jewel of Creation dan Jewel of The Serpent. Belilah dua”nya, lalu ulang proses tadi. Sekarang, jual semua sisa barang yang ada dan kalian akan mendapat Serpentarius yang terakhir. Jual semua, dan…

      JENG JENG JENG… The Sunflower sudah terbuka!!

      Sayangnya, sekarang bukan saatnya bergembira.

      Ya, benar. Mata kalian tidak tepengaruh oleh sihir apapun. 600,000 gil. Ini adalah, jika benar, adalah barang yang paling mahal di FFXII.

      Jika kalian masih punya 600,000 gil di inventory, kalian bisa pesta sekarang. Jika tidak, segeralah kalian membunuh monster apapun yang kalian temui dan jual drop yang kalian dapatkan.

      Nah, itulah cara mendapatkan The Sunflower..

  54. ubay maulana

    kalo mau cepat dapet uang pake action replay atau game shark aja, ngapain ribet-ribet

  55. Vaan

    semua comment di atas untuk FF XII Internasional ? (semua Character bisa make senjata apapun, magic apapun)

    Gw maen FF XII IZJS (International Zodiak Job System) yang pasti semua karakter ada jobnya, kayak Vaan yang bikin jadi knet (Knight) ^^ magic dia bisa Curaga sama Esuna Doank, Weapon bisanya 1hd Sama Shield… Ashe gw jadiin White Mage (Bisa Cure dkk, Esuna, Faith, Bravery, intinya yang support2 trus senjata bisa megang senjata kelas Rod doank) yang jadi pertanyaan gw… ngalahin Yazmat gimana T_T, ada yang punya Game-Shark Final Fantasy International Zodiak Job System gak ? setres gw…

  56. Booremir

    Kk kok gak bisa buka pintu ke giruvegan yah gimana kk please

  57. chrizt

    agan agan smua….

    ane bingung ama special trading yang ada tulisan nya ‘ WYVERM HERO BLADE ‘ kllo leh tau tu weapon ato item y gan?? soal nya kgk ada snjta kek gtu kn gan??

  58. azka

    cc mau nanya cr dptin excalibur gmn? dah pake diamond armlet tapi gak ada terus

  59. ahrez

    huuh susah amat lawan yiazmat sampai 8 jam tapi hanya dengan 2 elixir

  60. adie

    gimana sih caranya masuk ke ruangan yang ada di The Stilshrine of Miriam….????

  61. wendyks

    gimana mencari raja pedang di sthilsine of miriam

  62. denilson

    cara mendapatkan dark blade tuhh gimna orng udh cri di lhusu mines tpi ngakk ktmu??????

    • cara dpetinnya kalahin rare game bomb shell di lhusu mines tpi harus dpetin site key 11 dlu di falen bhujerban yg ada di phon coast

  63. gw bingung di sthilsine of miriam suruh ngadepin patung ke sebelah mana tuh :D

  64. soni

    kak cara dapatkan pedang excalibur bgaimna kk

  65. soni

    itu aku udah pernah namatin 3 kali cuman yg blum ngalahin cuman esper zodiark sma dapetin pedang excalibur

  66. soni

    aku yang tadinya bingung tu di at the pharos musuhnya susah2 buanget

  67. Resident Evil 2 hidden picture – In Resident Evil 2, players are given
    the option to search Wesker’s deck which is located in the S. While some games may protect children from the undesirable elements at the arcades, the effect is largely the same. Let’s take a look at some of the devices which are used for video conferencing.

  68. Multiplayer versions is more exciting as in this, you’ll be able to team up or even contend with other participants to defeat the enemies. This way you are not disappointed when you get residence, and you won’t have to make a excursion back to the shop.
    As ever we strive to help our customers make informed decisions and understand where their r4 cards are coming from.

  69. Media Composer prides itself as being one of the
    fastest video editing applications available.
    When views start to drop off after a few days you can then change the tags
    to something more specific and hope you’ve generated enough initial traffic to keep the momentum up.
    The federal government even funded recent studies to find out
    whether playing video games is related to the development of carpal tunnel syndrome.

  70. Broadcast satellite “in the Star on the 9th,” was successfully launched in June last year, it can
    be said is a milestone in the field of live satellite event.

    It was an entertaining radio program that played the music people wanted to
    hear combined with his groovy upbeat personality. So, a custom direct application
    and route tracking can make it easier to you cut fuel cost, save visit time and wholesome delivery.

  71. As the medium is not limited to any particular geographical or demographic region, advertising on internet
    radio would give the business an international audience base.
    As business owners recognize the swaying power of using audio to communicate the value and
    quality of their products and services, online audio will come of age in a big way.
    Having had my nearby store shut down recently I looked around for another place where I could get my gear from but unfortunately could
    not find any good outlets even remotely close to my home so started looking
    online.

  72. This is more important than ever in a world where there are dozens of
    different audio formats. They also apparently believe that their customers
    who like a particular song they hear on the radio, are likely to purchase that song,
    which could add to downloads from i – Tunes. You will need an
    outside antenna to get clear reception on your radio.

  73. Good answers in return of this matter with genuine arguments and explaining
    the whole thing regarding that.

  74. eko

    Kakak kayak apa cara ngelawan bur omisace? Mohon bantuannya

  75. 00 for the fondant covered frosting, chocolate ganache icing, and marzipan frosting and $.
    The square two tier with 5 and 8″ for a serving up to 25 people range to $165; the 6 and 10″ for a serving of up to 50 people range to $275; and the 8 and 12″ for a serving up to 75 people range to $450. This is what you will need on hand to make eight medium eclairs with a chocolate glaze.

  76. Too many folks have already thrown away plenty of good money on
    nothing but useless salt tablets being shipped from South America.
    For many working to lose weight, one failure is enough to get them off the path
    to success. Now, the average healthy amount people are supposed to
    lose is 2 pounds per week.

  77. Dio Saragih

    kak perjalanan d pharos di lantai 81 gmana? saya gak bisa…. sdh saya coba berulangkali gagal terus… T.T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 595 other followers

%d bloggers like this: